Pendaftaran Beasiswa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah dibuka

  • Sabtu, 03 Juli 2021 - 11:05:31 WIB
  • Administrator
Pendaftaran Beasiswa  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah dibuka

Pendaftaran Beasiswa  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah dibuka. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud Abdul Kahar, beasiswa ini merupakan kerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). “Kalau yang untuk umum tahun ini tetap ada di LPDP, tapi semua yang untuk peningkatan SDM Kemdikbud semua prosesnya dikelola oleh Kemdikbud dan pembiayaannya oleh LPDP,” kata Abdul saat dihubungi, Jumat (7/5/2021).

Kategori beasiswa situs https://beasiswa.kemdikbud.go.id, berikut beberapa kategori beasiswa yang dibuka.

  1. Beasiswa S1/D4 Beasiswa ini khusus bagi calon guru SMK, Pelaku Budaya, Beasiswa Prestasi Talenta, dan Prestasi Akademik. Untuk universitasnya, bisa memilih perguruan tinggi dalam dan luar negeri. Informasi mengenai persyaratan pendaftaran dapat diakses di sini.
  2. Beasiswa S2/S3 Dosen/Calon Dosen & Beasiswa Joint Degree/Dual Degree Beasiswa kategori ini diperuntukkan khusus dosen perguruan tinggi akademik dan dosen atau calon dosen perguruan tinggi vokasi.
  3. Beasiswa S2/S3 Non Dosen Beasiswa ini khusus untuk GTK, Pelaku Budaya dan Beasiswa Prestasi Talenta. Pendaftar beasiswa kategori ini dapat memilih perguruan tinggi dalam dan luar negeri.
  4. Beasiswa Non Degree Ditjen Dikti Beasiswa ini terdiri dari beberapa program seperti program pertukaran mahasiswa merdeka, Wirausaha Merdeka, hingga Kampus Mengajar. Perguruan tinggi yang dapat dipilih bisa universitas dalam dan luar negeri.
  5. Beasiswa Non Degree Ditjen GTK Beasiswa ini merupakan program beasiswa microcredential bagi guru, kepala sekolah, atau pengawas. Pendaftar dapat memilih perguruan tinggi luar negeri yang masuk dalam daftar universitas penyelenggara program microcredential.
  6. Beasiswa Non Degree Ditjen Diksi Beasiswa ini terdiri dari beberapa program, seperti Program Kampus Merdeka Vokasi 2021, Program Magang Dosen Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi (PTPPV), Program Sertifikasi Profesi Dosen PTPPV, Program Project Based Learning/Praktik Kerja Lapangan Bersertifikat Bagi Siswa SMK, dan Program Project Based Learning/Magang Bersertifikat Guru SMK. Pendaftar dapat memilih universitas dalam dan luar negeri.
  7. Beasiswa Riset Keilmuan Beasiswa ini terdiri dari Program Riset Keilmuan Terapan Dalam Negeri - Dosen PT Vokasi. Beasiswa ditujukan untuk para dosen. Informasi mengenai persyaratan pendaftaran dapat diakses di sini. 8. Bridging Course Dosen Perguruan Tinggi Akademik Beasiswa Bridging Course Doses PTA merupakan program beasiswa non gelar bagi dosen tetap pada perguruan tinggi akademik untuk mengikuti pelatihan pra-doktoral di perguruan tinggi luar negeri.
  8. Bridging Course Dosen Perguruan Tinggi Akademik Beasiswa Bridging Course Doses PTA merupakan program beasiswa non gelar bagi dosen tetap pada perguruan tinggi akademik untuk mengikuti pelatihan pra-doktoral di perguruan tinggi luar negeri.

Cara pendaftaran Berikut langkah-langkahnya Kunjungi website beasiswa.kemdikbud.go.id Pilih jenjang beasiswa yang ada di halaman website, kemudian pilih “Daftar” Pilih daftar lagi untuk membuat akun, bagi yang belum memiliki akun Silakan lengkapi data di formulir pendaftaran, pastikan isi e-mail yang aktif dan lengkapi data dengan benar Jika sudah melengkapi formulir pendaftaran akun, silakan pilih “Daftar” Akun akan diverifikasi melalui email yang diisi saat melakukan pendaftaran akun Silakan cek email untuk melakukan verifikasi akun, jika aktivasi berhasil amaka akan menerima pesan melalui email Jika berhasil diaktivasi, kembali ke situs beasiswa.kemdikbud.go.id, lalu pilik “Masuk” untuk pendaftaran peserta beasiswa Pastikan telah menyiapkan dokumen persyaratan yang telah ditetapkan Lengkapi formulir registrasi, biodata, dan unggah dokumen persyaratan, dengan ukuran file tidak lebih dari 2 Mb untuk masing-masing dokumen dan pastikan data benar Jika telah melengkapi formulir, klik “Submit Data” Jika sudah submit, secara otomatis diarahkan untuk mencetak kartu.

  • Sabtu, 03 Juli 2021 - 11:05:31 WIB
  • Administrator

Berita Terkait Lainnya